Preepare Wisuda, Job Jalan Terus



*>Ayu Mega Puspita.

NAMA perempuan yang satu ini sudah tidak asing lagi bagi penikmat musik melayu. Di blantika musik Indonesia, telah banyak prestasi yang diraih melalui berbagai ajang pestival musik melayu. Hingga akhirnya, Ayu Mega Puspita yang kini mendapat banyak tawaran show di mana – mana.
Berawal dari hobbi menyanyi, Ayu—panggilan akrabnya—memulai kariernya sejak duduk di kelas 2 SMP yang waktu itu di ajak oleh seorang sahabatnya untuk ikut latihan dan bergabung dalam kelompok orkes melayu.
Dengan prestasi yang telah banyak diraihnya dari berbagai ajang festival musik, pihak pimpinan orkes tersebut pun tidak segan – segan untuk menerimanya untuk menjadi bagian dari anggotanya. "Semua berawal dari hobi sejak kecil, diawali dari ajakan seorang teman untuk ikut latihan dan bergabung dalam kelompok orkes melayu," katanya.
Meski begitu, perempuan manis kelahiran Sulawesi, 21 tahun lalu ini tetap memiliki keinginan untuk tetap belajar dari pendahulunya. Hal ini dimaksudkan agar dia tetap menjadi yang terbaik secara kualitas dan kuantitasnya sebagai seorang penmyanyi.
Penyuka binatang lucu seperti kucing ini menceritakan tentang prestasi yang telah diraihnya. Diantaranya: Runner up untuk tingkat Kab. Sidoarjo dalam kejuaraan menyanyi, Juara kedua dan ketiga dalam lomba kosidah se-Keb. Siudoarjo. Dengan prestasi yang dimilikinya tersebut, Ayu berusaha untuk bisa masuk dapur rekaman.
Saat ditanya keinginannya untuk rekaman, puteri pertama dari dua bersaudara pasangan Agus Sutoto dan Erni Setyati ini menjelaskan kalau ada dua prodiuser yang menawarkan untuk masuk dapur rekaman. Kesempatan itu pun tidak pernah di sia – siakan, karena baginya tidak akan mungkin kesempatan emas datang dua kali.
Proses rekaman dan syuting video klip pun dilakoninya, namun, semua tidak sampai finishing. "Karena kegiatan kuliah di kampus yang amat padat, semua proses rekaman dan syuting video klip pun tidak pernah terselesaikan," jelas mahasiswi Akademi Kebidanan Siti Kodijah Sidoarjo ini dengan legowo.
Diceritakannya, Ayu baru saja menjalani show di 3 kota. Yaitu di Blitar, Magetan dan Jombang dalam gelaran event promo produk minuman dan rokok. Penmpilan perempuan ini yang selalu memukau penonton menjadi daya tarik sendiri. Sehingga membuat tiap kota yang di singgahi menjadi tempat yang selalu penuh dengan penonton.
Antusias penonton terhadap penampilan Ayu Mega Puspita tampak dalam Pelantikan Kepala Desa Entalsewu dan Kepala Desa Dukuh Tengah di Pendopo Kantor Kecamatan Buduran, 25 Juni lalu. Di sini, perempuan yang kini tengah menyelesaikan tugas akhir kuliahnya ini pun juga mengajak penonton ikutan bernyanyi.
Menjaga kualitas suara dan penampilan, merupakan salah satu kunci untuk memberikan kepuasan terhadap penggemar. Dengan cara yang demikian ini, tidak heran apabila banyak penggemar yang merasa kangen dan menggandrunginya. "Sehingga secara tidak sengaja banyak pula penggemar yang tiba – tiba naik ke panggung dan memberikan hadiah," ujarnya.
Memilih jalur musik melayu, baginya bukan berarti tanpa alasan. Baginya, musik melayu merupakan cirri khas dari bangsa Indonesia, dan bukan merupakan musik pinggiran. "Selain itu untuk pangsa pasarnya musik melayu lebih cepat dibanding jenis musik lainnya. Dan penggemarnya merata dari anak – anak hingga orang dewasa," katanya.
Banyaknya job manggung di berbagai tempat, membuat Ayu berputar otak untuk mengatur waktu. Meski begitu, perempuan yang memiliki zodiak virgo ini lebih mendahulukan kuliahnya. Ny. Erni Setyati, selaku ibunda yang selalu mendampingi disetiap show mengatakan kalau tawaran manggung banyak yang berdatangan. Setiap hari dipastikan ada, bahkan bisa lebih dari dua hingga tiga tempat.
"Meski banyak tawaran job manggung, kegiatan kuliah jangan sampai ditinggalkan. Bagaimana pun juga pendidikan lebih penting daripada lainnya," Pesan Er5ni Setyati kepada puterinya.
Sebagai ibunda, Ny. Erni pun merasa bangga terhadap prestasi dan keahlian yang dimiliki puterinya. Apalagi bakat menyanyi yang dimiliki tersebut sama sekali tidak ada faktor keturunan dari keluarga. "Keahlian yang dimiliki Ayu merupakan bisa dengan sendirinya. Dan di dalam keluarga kami sama sekali tidak ada yang memiliki bakat seperti Ayu," katanya.
Sementara itu, personil Orkes Melayu New Gema yang bermarkas di Trawas, Mojokerto ini tengah mempersiapkan wisudanya pada 17 Oktober nanti. Meski begitu, dia pun tidak menolak apabila ada tawaran show. Buktinya, ketika dihubungi melalui telepon selulernya, Ayu mengatakan kalau baru saja di terima job dari produk rokok Apache. (edw)

Teks Foto:
Ayu Mega Puspita,
Ayu tampil di program musik di stasiun TV swasta.

Foto – Foto: Edy Wienarno, Semezta Jurnalist Academy College & Talent