Kualitas Pengetahuan Dan Keterampilan Tetap Jaga Dan Tingkatkan



 beritalima.com, Melalui Pendidikan Kursus Para Dasar ini diharapkan kualitas pengetahuan dan keterampilan yang telah dimiliki tetap dijaga dan ditingkatkan di masa mendatang dengan latihan-latihan yang lebih efektif dan berkesinambungan. Mengingat personel TNI Angkatan Udara dalam mengawaki organisasi maupun alut sista di masa mendatang  memerlukan sumber daya manusia yang profesional dan andal disertai disiplin, mampu berpikir cepat, cermat, tepat, dan benar.   Oleh karena itu, Komando Pendidikan TNI Angkatan Udara terus berupaya meningkatkan kualitas hasil didik guna mewujudkan kesiapan personelnya yang profesional. 
          Demikian sambutan yang disampaikan oleh Komandan Komando Pendidikan TNI Angkatan Udara Marsekal Muda TNI M. Nurullah, S.IP., yang bertindak selaku Inspektur Upacara dalam  penutupan Pendidikan Kursus Para Dasar Angkatan ke-174 yang dilaksanakan di runway Lanud Sulaiman, Bandung, Sabtu (12/10).
  Dalam sambutannya, DanKodikau menyampaikan bahwa TNI Angkatan Udara di masa depan, harus merupakan perpaduan dan keunggulan sumber daya manusia skill dan teknologi yang sesuai dengan jamannya. "Oleh karena itu, Komando Pendidikan TNI Angkatan Udara terus berupaya meningkatkan kualitas hasil didik guna mewujudkan kesiapan personel TNI Angkatan Udara yang diharapkan," kata Dankodikau.
  Pendidikan paradas kali ini diikuti oleh 330 siswa dan diadakan selama kurang lebih 4 minggu (204 Jam Pelajaran) dilaksanakan dalam dua tahap terdiri dari Bina Kelas (Ground Trainning, 148 JP) dan Bina Lapangan berupa praktek terjun sebanyak tujuh kali (56 JP).   Ground Trainning dilaksanakan selama tiga minggu, dilanjutkan praktek terjun.  Penerjunan menggunakan pesawat Herkules C-130 dengan rata-rata ketinggian terbang pesawat sekitar 1500 feet.
         Sasaran yang hendak dicapai setelah selesai mengikuti Kursus Para Dasar ini adalah pertama siswa diharapkan mampu meningkatkan penghayatan, keterampilan dan sikap sebagai prajurit peterjun dengan dilandasi jiwa juang Pancasila, Sapta Marga, dan menjunjung tinggi Sumpah Prajurit dalam kehidupan sehari-hari.   Kedua, meningkatkan pengetahuan Matra Udara, ketiga dapat terjun statik dengan aman, terakhir memiliki kesemaptaan jasmani dengan kategori baik.
           
         Menjelang upacara, acara diawali dengan penerjunan para siswa Susparadas, terjun freefall dari personel paskhas, dan puncaknya adalah upacara pokok. Usai upacara pokok, acara dilanjutkan dengan tradisi penyematan Wing Para Dasar kepada seluruh mantan siswa.  Dalam kesempatan tersebut keluarga yang hadir ikut serta menyematkan Wing Para Dasar kepada para mantan siswa yang telah berhasil melewati pendidikan terjun statik ini dengan sukses.
        
         Wingday Pendidikan Susparadas Angkatan ke-174 yang berada dibawah pembinaan Skadron Pendidikan 204 ini dihadiri antara lain Komandan Korpaskhas Marsda TNI Amarullah, Wadan Kodikau Marsma TNI A. Adang Supriyadi, S.E., Danpuspomau Marsma TNI Sudipo Handoyo, Danwingdiktekkal Kolonel Tek Sigit Priyono GSC, S.IP., M.Sc. dan para pejabat TNI AU atau yang mewakili di lingkungan Lanud Sulaiman. Upacara tersebut diikuti pula oleh seluruh personel Lanud Sulaiman, baik perwira, bintara, tamtama maupun Pegawai Negeri Sipil.
        
        
         Usai seluruh rangkaian upacara dan tradisi, dilanjutkan dengan acara ramah tamah yang dilaksanakan di gedung balai prajurit Cendrawasih Lanud Sulaiman. Para tamu dan undangan disuguhkan dengan acara hiburan, diantaranya penampilan dari para siswa SLB binaan Yasarini Lanud Sulaiman dan penampilan grup Band Wara Lanud Sulaiman.
Keterangan gambar :  Dankodikau Marsekal Muda TNI M. Nurullah, S.IP., saat menyematkan wing terjun pada perwakilan siswa saat upacara Wingday Susparadas A-174 di runway Lanud Sulaiman (Foto: Pentak Lanud Sulaiman).