Berlaga di Kancah Nasional Putri Indonesia Jatim Harus Miliki Modal 3B

Beritalima.com, Bude Karwo sapaan lekat istri Gubernur jatim Dra. Hj. Nina Soekarwo, Msi meminta Putri Indonesia (PI) Perwakilan Jatim Elvira Devinamira harus memiliki modal dasar 3 B yakni Brain (kecerdasan), beauty (kecantikan), dan behaviour (tingkah laku/etika) saat berlaga di ajang Pemilihan Putri Indonesia nasional.
"Perwakilan Putri Indonesia Jatim harus memiliki 3 modal dasar yaitu brain, beauty, behaviour merupakan satu kesatuan yang saling menguatkan. Seseorang yang cantik dan cerdas tapi tidak memeliki behaviour maka akan percuma," tuturnya saat menerima perwakilan putri Indonesia Jawa Timur di Gedung Negara Grahadi, Jl. Pemuda, Surabaya, Kamis (16/01).
Kecantikan yang dimiliki, kata Bude Karwo, meliputi kecantikan luar dan dalam (inner dan Outer). Orang yang memiliki inner beauty adalah yang bisa menunjukan gairah hidup, memiliki bahasa tubuh yang sesuai dengan isi pembicaraan, memiliki empati yang tinggi, dan selalu melibatkan emosi secara proporsional dalam berkomunikasi. Selain itu, ia juga pendengar yang baik, mampu menghidupkan suasana, dan mempunyai pengaruh terhadap orang-orang yang ada diseleklilingnya.
Dalam hal kecerdasan, PI harus menguasai materi seputar Jatim dengan baik. Bidang yang harus dikuasai seperti yang tertuang di dalam Millenium Development Goals (MDGs) yaitu penanggulangan kemiskinan dan kelaparan, pendidikan dasar universal ,kesetaraan gender dan pemberdayaan perempuan, penurunan angka kematian anak, meningkatkan kesehatan Ibu, penurunan angka penyebaran HIV/AIDS, kelestarian lingkungan hidup dan kemitraan.
"Materi tentang Jatim harus dikuasai dengan baik oleh Perwakilan PI Jatim, baik menceritakan Jatim sendiri, atau memilih topik yang diangkat dan diketengahkan saat acara berlangsung," terangnya.
Bude Karwo menambahkan, Jatim saat ini sudah on the track. Walaupun jumlah perbandingan perempuan lebih banyak daripada laki-laki, tetapi perempuan bisa menunjukkan pengaruh dan kekuatannanya di segala bidang.
Selain itu, di bidang penurunan angka kematian ibu dari tahun ke tahun Jatim semakin menurun dengan perbandingan 349 ibu meninggal dari tiap 100 ribu kelahiran (349 : 100.000). Ini membuktikan bahwa tingkat kesejahteraan ibu dan bayi semakin diperhatikan.
Bude Karwo berharap, perwakilan PI Jatim bisa memperoleh kemenangan saat pemilihan PI nasional dan bisa mewakili Indonesia di ajang Miss Universe (internasional).
"Semoga Perwakilan Putri Indonesia Jatim berhasil di kancah nasional maupun internasional, tapi apapun hasilnya saya mewakili rakyat Jatim mengucapkan terimakasih sebesar-besarnya atas perjuangannya," harapnya.
Karantina PI dimulai 19 - 28 Januari 2014, dan malam final disiarkan secara live melalui salah satu stasiun TV swasta pada 29 Januari 2014 pukul 20:00 WIB.(Humas Pemprov Jatim Dwi/ Foto : Irawan/Rizal )
Foto ; bude karwo menerima kunjungan PUTRI INDONESIA asal Jawa Timur yang akan MENGIKUTI AJANG PEMELIHAN putri indonesia DI JAKARTA (7)