Koalisi Rakyat Republik Indonesia

Suara Pembaca :

PilPres 2014 berjumlah pemilih 181.140.282 dengan sebaran 545.791 TPS telah terbukti terselenggara rahasia, bebas, langsung, aman, damai yang menegaskan bahwa sesungguhnya suasana batin Pancasila adalah kental melekat di hati sanubari rakyat Indonesia.
Sebagai produk kreatif anak bangsa, PilPres 2014 telah menguatkan keyakinan bersama bahwa dinamika PiLeg 2014 secara alami telah kerucutkan keberadaan 2 (dua) kutub kontestan berkemasan Koalisi 7 Partai dan Koalisi 5 Partai. Koalisi pertama sudah dinamai Koalisi Merah Putih, sedangkan Koalisi kedua belum diberi nama walaupun telah berkiprah dengan jiwa, semangat dan nilai2 sebagai Koalisi Rakyat.
Dalam pengertian inilah, sementara kita menunggu kepastian Real Count KPU 22 Juli 2014 yang akan datang, maka cukup layak kiranya bila Koalisi kedua itu dapat diberi nama resmi demi catatan sejarah Indonesia, semisal Koalisi Rakyat Republik Indonesia yang bisa disingkat sebagai KORRINDO.
Penamaan ini juga sebenarnya dapat lebih menyejukkan suasana yang sempat memanas pasca kontroversi hasil Quick Count dari uji petik 2.000 TPS berskorkan 4 (empat) surveyor menangkan No 1 versus 8 (delapan) surveyor menangkan No 2.
Bagaimanapun kedua Koalisi itu telah membuktikan dirinya berhasil menjalani proses beauty contest yang cukup menyerap perhatian dunia mengingat tingkat partisipasi pemilih yang tinggi.
Indonesia Esok bolehlah kini mempunyai pengharapan akan munculnya semisal Partai Merah Putih dan Partai Rakyat Republik Indonesia di kemudian hari bercermin pada Indonesia Kini yaitu telah hadirnya Koalisi Merah Putih dan Koalisi Rakyat Republik Indonesia pada tahun 2014, merujuk pula riwayat partai peserta pemilu 48/2004, 24/2009 dan kini 12/2014.
Semoga sebagai wacana praktek sosial politik, ikhwal rekonstruksi kepartaian di Indonesia ini dapat memberi inspirasi para perekayasa sosial politik hukum terbaik pada eranya demi terpenuhinya amanat Pembukaan UUD45 dalam praktek kemasyarakatan, kebangsaan, kenegaraan Negara Kesatuan Republik Indonesia.
Jakarta, 11 Juli 2014
Dewan Pakar PKPI,

Pandji R Hadinoto, Nasionalis Pancasila
PARRINDO - Parlemen Rakyat Indonesia
Politisi Keadilan & Persatuan Indonesia
Editor www.jakarta45.wordpress.com