Jatim Launching Forum Koordinasi Mitra Pembangunan

Surabaya - beritalima.com, Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Timur melaunching Forum Koordinasi Mitra Pembangunan. Forum itu telah dikuatkan dengan Kepgub No 118/310/KPTS/2014 tentang Forum Koordinasi Mitra Pembangunan Prov Jatim.

Sekdaprov Jatim, Akhmad Sukardi pada Launching dan Rapat Koordinasi Forum Koordinasi Mitra Pembangunan Provinsi Jatim, di Hotel Pullman Surabaya, Rabu (13/8) malam mengatakan, pembangunan merupakan proses perubahan berkelanjutan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat tentunya pemerintah tidak akan sanggup menanggung beban dikarenakan keterbatasan sumber daya sehingga dibutuhkan partisipasi dan dukungan dari semua pihak termasuk dari lembaga donor internasional.

Agar program pembangunan berjalan optimal, harus ada sinergi dan koordinasi program kegiatan lembaga donor internasional, provinsi dan kab/kota. “Lembaga itu adalah forum koordinasi mitra pembangunan Prov Jatim. Tentunya, pembentukan forum dimaksud didasarkan peraturan pemerintah dan sudah ditetapkan keputusan gubernur,” ujarnya.

Panitia Penyelenggara, Lili Soleh Wartadipradja mengatakan, tujuan pembangunan adalah untuk meningkatkan kesejahteraan rakyat dan merupakan tanggungjawab bersama seluruh stakeholder.Pemerintah sebagai fasilitator sumberdaya yang dimiliki sangatlah terbatas sehingga dukungan dari berbagai pihak sangatlah diharapkan dan diantaranya adalah dukungan dari lembaga internasional.

Dalam rangka optimalisasi dukungan lembaga internasional di jatim, katanya, pelaksanaan pembangunan daerah maka perlu dilakukan koordinasi dan singkronisasi serta sinergi program atau kegiatan lembvaga dengan program atau kegiatan pembangunan daerah.

Untuk memudahkan koordinasi dan singkronisasi program atau kegiatan pembangunan dengan lembaga internasional di Jatim, kata Lili, Bapeda prov jatim bekerjasama dengan AIPD telah membentuk forum koordinasi mitra pembangunan

Forum kemitraan itu telah dikuatkan dengan Kepgub no 118/310/KPTS/2014 Tentang Forum Koordinasi Mitra Pembangunan Prov Jatim. Pertemuan hari ini adalah merupakan tindaklanjut dari keputusan dimaksud.

Sejalan dengan pelaksanaan pertemuan pada hari ini, tujuan pertemuan yakni menyosialisasikan forum kemitraan pembangunan prov jatim kepada seluruh stakeholder, melaksanakan koordinasi dan singkronisasi program atau kegiatan lembaga internasional dengan program prioritas daerah.

Hasil yang diharapkan pertemuan ini, tersosialisasinya forum koordinasi mitra pembangunan prov jatim kepada stake holder, tersinerginya program atau kegiatanb pembangunan lembaga mitra dengan program atau kegiatan pembangunan daerah, terpetakannya program atau kegiatan pembangunan lembaga mitra di Jatim.(wi)