Presiden SBY Menerima Penghargaan Dari The United States - Indonesia Society

Jalinan persahabatan antara Indonesia dan Amerika Serikat yang terjalin baik dan meningkat dari waktu ke waktu adalah penting bukan hanya bagi kedua negara tetapi juga bagi stabilitas di kawasan. Hubungan baik ini akan menjadi kebutuhan strategis yang bermanfaat dalam jangka panjang di semua sektor, diantaranya perdagangan, investasi, pelestarian lingkungan hidup, pendidikan, teknologi, militer, dan aksi bersama dalam memerangi serta melawan terorisme, esktremisme dan radikalisme. Hal ini disampaikan oleh Presiden Susilo Bambang Yudhoyono, saat menerima penghargaan "Award for Distinguished Contribution to US-Indonesian Relations" dari The United Sates-Indonesia Society (USINDO), di Hotel Willard Intercontinental, Washington DC, Amerika Serikat, Kamis (25/9) maalam hari waktu setempat atau Jum’at (26/9) siang hari waktu Jakarta. 

Penghargaan diberikan oleh Presiden USINDO David Merrill dan Co-Chair USINDO Stapleton Roy, disaksikan sekitar dua ratus orang undangan terdiri dari warga negara Indonesia yang tinggal di Amerika dan juga warga negara Amerika utamanya tokoh-tokoh yang aktif menjalin persahabatan antara Amerika dan Indonesia di bidang sosial kemasyarakatan, seni, budaya dan ekonomi. Presiden USINDO, David Merrill menyampaikan apresiasinya yang tinggi, karena selain Presiden SBY adalah tokoh yang memajukan demokrasi di Indonesia, USINDO juga menilai bahwa di bawah kepemimpinan Presiden SBY di Indonesia dan Presiden Barack Obama di Amerika, hubungan persahabatan antara Indonesia dan AS dirasa semakin baik dengan terjalinnya berbagai kemitraan yang komprehensif di berbagai bidang. Komitmen kedua Pemimpin besar Indonesia dan Amerika tersebut menandai sebuah era baru dalam hubungan bilateral jangka panjang antara Indonesia dan Amerika Serikat, berdasarkan rasa saling menghormati, menjaga kepentingan bersama, dan nilai-nilai yang dipedomani bersama.  Presiden SBY merasa terhormat dan istimewa mendapatkan penghargaan tersebut yang kemudian ia dedikasikan untuk seluruh rakyat Indonesia dan hubungan baik Indonesia dan AS. Presiden SBY berharap sejarah akan mencatat setiap langkah kebaikan dan kemajuan yang dicapai kedua negara dari ikatan persahabatan yang hangat tersebut.

Turut hadir dalam kesempatan tersebut, Menlu Marty Natalegawa, Menkopolhukam Djoko Suyanto, Mensesneg Sudi Silalahi, Seskab Dipo Alam, Duta Besar RI untuk Amerika Serikat Budi Bowoleksono dan Atase Pertahanan KBRI Washington DC Brigjen (TNI) Pudjo Wahyono.

Foto : Presiden Susilo Bambang Yudhoyono, menerima penghargaan "Award for Distinguished Conttribution to US-Indonesian Relations" dari The United Sates-Indonesia Society (USINDO), di Hotel Willard Intercontinental, Washington DC, Amerika Kamis (25/9) malam hari waktu setempat atau Jum’at (26/9) siang hari waktu Jakarta. Presiden SBY menyampaikan rasa terima kasih dan harapannya agar hubungan persahabatan dan kerjasama bilateral kedua negara dapat terus ditingkatkan dari waktu ke waktu.