Kelompok Tani Muda Baro Sukses Budidayakan Kedelai

ACEH TIMUR - Bantuan budidaya kedelai yang disalurkan Dinas Pertanian dan Hortikultura Kabupaten Aceh Timur, merupakan program Nasional yang bertujuan untuk meningkatkan kemandirian para petani serta bisa dijadikan sebagai wadah pendidikan non formal bagi para petani untuk meningkatkan pengetahuan, sehingga usaha para petani menjadi efisien, berproduktivitas tinggi dan berkelanjutan.

Hal ini disampaikan, Kepala Dinas Pertanian dan Hortikultura Kabupaten Aceh Timur, Ir. Sanusi, kepada wartawan, Kamis, (30/10/14), disela-sela acara sosialisasi penangkaran benih, yang diselenggarakan pada areal pembudidayaan kedelai milik Kelompok Tani Muda Baro, Desa Seuneubok Baro, Kecamatan Idi Tunong.

Pada kesempatan tersebut, Sanusi juga menyampaikan rasa bangganya kepada sebagian besar kaum petani Aceh Timur yang telah mau berusaha menanggalkan rasa enggannya untuk bertani serta merasa kagum terhadap rekan-rekan eks kombatan GAM yang turut berperan aktif memperjuangkan kedaulatan ekonomi melalui sektor ekonomi.

"Ucapan saya itu bukanlah sekedar basa-basi ataupun hanya berupa retorika belaka. Tapi ini memang kenyataan dan kita bisa melihat langsung betapa suburnya tanaman kedelai yang ditanam oleh para eks kombatan yang tergabung dalam Kelompok Tani Muda Baro, yang di ketuai Jamaluddin," pungkas Ir. Sanusi.

Sementara itu, Jamaluddin, Ketua Kelompok Tani Muda Baro, saat dikonfirmasi wartawan mengatakan, bahwa kita sebagai warga masyarakat Aceh Timur khususnya dan Aceh pada umumnya, harus terus belajar untuk mengubah pola pikir yang selama ini kerap menghambat kemajuan hidup kita.

"Saya punya impian, semoga kedepan tidak ada lagi generasi Aceh yang sok tak menentu dan masih dihantui rasa malu dan malas untuk bertani," cetusnya. (F- 75)