PKS PATI SARI Tolak TBS Asal Kebun Bermasalah Dengan TNGL

Aceh Tamiang, beritalima| Manager PKS PT.PP.PATI SARI, Edy secara tegas berkomitmen menolak TBS Kelapa sawit yang dipasok ke perusahaannya dari perkebunan yang status Hak Guna Usaha (HGU) serta lahan perkebunan yang bermasalah, terutama yang sebahagian areal perkebunannya masuk ke area hutan lindung Taman Nasional Gunung Leuser (TNGL).
"PKS PT.PP. Pati Sari tidak akan pernah menerima pasokan TBS berasal dari kebun yang lahannya bermasalah dengan hutan lindung. Perusahaan kita telah memiliki komitmen yang tegas, sebab selama ini kita tetap menerapkan dan menjalankan segala ketentuan aturan pemerintah, aturan hukum  serta mengikuti aturan aturan pemerintah Desa sekaligus adat serta budaya dilingkungan PKS serta Desa sekitar perkebunan kita yang ada disejumlah Kecamatan bisa rusak citra baiknya gara gara kebun lain yang TBS nya kita beli", ungkap Edy dikonfirmasi beritalima, Jumat (28/11) diruang kerjanya.
Bahkan kata Edy, pihaknya masih terus melakukan identifikasi lahan milik perusahaan dan kebun pemasok TBS dan berkomitmen untuk menelusuri keberadaan lahan. Upaya dimaksud dilakukan demi terciptanya kenyamanan kerja dan keamanan perusahaan.
Kehadiran perusahaan kita ditengah-tengah masyarakat, selain untuk profit (bisnis) juga bertujuan untuk membuka lapangan kerja demi membantu pemerintah dalam program pengurangan angka pengangguran.
"Dengan persetujuan dan izin pihak perusahaan atau pemilik kebun, kita lakukan uji bersama karyawan kita dengan menggunakan alat JPS, agar dapat diketahui dengan pasti titik kordinatnya sehingga menunjukkan hasil bahwa lahan kebun mereka benar-benar tidak masuk keareal hutan yang dilindungi. Jika TBS yang berasal dari kebun yang masuk kawasan TNGL tetap kita beli, waduh… resikonya sangat besar, perusahaan PKS kita ini bisa jadi sorotan negative dari semua pihak. Hal itulah yang enggak pernah kita inginkan", beber Edy.
  
Komitmen tidak menerima pasokan TBS dari kebun bermasalah tersebut diberlakukan pihak PKS PT.PP.Pati Sari kepada semua pengusaha pemasok TBS tanpa memandang latar belakang apapun pada pengusaha dimaksud.
"Baik dari Perusahaan maupun dari kebun perseorangan, kita tidak pandang bulu dan tidak banyak basa basi, pasokan TBS nya kita tolak. Kita tidak mau beli TBS dari pohon sawit yang tumbuhnya diatas lahan kawasan hutan lindung", tegas Edy. (Suparmin)
                                                                                                                                                                     
foto: Illustrasi