TIM Penilai Lomba Desa Siaga Singgah Di Desa Benculuk

Banyuwangi beritalima.com - Dalam rangka giat lomba desa siaga tahun 2014, rombongan tim penilai lomba desa siaga kabupaten Banyuwangi datang ke desa Benculuk guna meninjau dan menilai inovasi program pelayanan kesehatan yang di lakukan oleh kader - kader Posyandu (Pos Pelayanan Terpadu) dan PKK (Program Kesejahteraan Keluarga) kepada masyarakat setempat.(19/11).
Tim penilai itu terdiri dari BPM (Badan Pemberdayaan Masyarakat) TP - PKK (Tim Penggerak Program Kesejahteraan Keluarga) dan Dinas Kesehatan Kabupaten Banyuwangi. Giat acara yang berlangsung tersebut juga di hadiri oleh TP - PKK, Forpinka (Forum Pimpinan Kecamatan ) dan seluruh kepala desa sewilayah kecamatan Cluring.
Menurut Dr. Kurniyanto perwakilan Dinas Kesehatan Kabupaten Banyuwangi selaku Tim penilai lomba desa siaga saat di konfirmasi di sela kesibukanya mengatakan bahwa untuk indikator penilaian lomba desa siaga tahun 2014 meliputi dari segi penilaian evaluasi kesehatan gizi, PKK, pemberdayaan masyarakat, pemberatasan penyakit dan evaluasi kesehatan keluarga. " Indikator penilaian lomba desa siaga keseluruhanya mengenai program kesehatan, karena lomba desa siaga di fokuskan untuk kesehatan masyarakat terutama kepada kesehatan ibu hamil dan balita. " jelasnya.
Dr. Kurdiyanto menambahkan untuk penilaian lomba siaga tahun ini menurutnya sedikit berbeda dengan tahun sebelumnya karena penilaian lomba desa siaga tahun ini di sesuaikan dengan lomba siaga tingkat provinsi. " Agak berbeda mas, nantinya pemenang lomba desa siaga akan di ikut sertakan dalam lomba desa siaga tingkat provinsi. " urainya.
Dari pengamatan yang di lakukan menurut Dr. Kurniyanto menambahkan bahwa untuk kekompakan dalam melakukan pelayanan kader - kader posyandu desa Benculuk sudah baik dan menurutnya lagi pelayanan seperti ini harus terus lebih di tingkatkan. " Pelayanan yang di lakukan menurut saya sudah optimal, agar lebih baik lagi pelayanan ini harus terus di tingkatkan agar pelayanan kesehatan bisa maksimal. " pungkasnya.

Isa Idris selaku kepala desa Benculuk berharap apa yang telah di upayakan dalam meningkatkan pelayanan kesehatan kepada masyarakat menurutnya para kader posyandu selalu di dampingi oleh Bidan desa dan puskesmas setempat, dan menurutnya pelayanan yang sudah baik tersebut sudah di laksanakan sebelum para kader posyandu di ikut sertakan dalam lomba desa siaga. " Ini sudah di lakukan jauh sebelum lomba desa siaga di laksanakan, harapanya kedepan para kader posyandu desa Benculuk bisa lebih maksimal lagi untuk melayani masyarakat, menang tidaknya itu semua ada pada kebijakan tim penilai lomba desa siaga kabupaten Banyuwangi. " jelasnya.(Yd)