Baru Lepas Landas 20 Menit, Batik Air Jayapura - Jakarta Balik ke Bandara

JAYAPURA -- Pesawat Batik Air jurusan Jayapura - Jakarta terpaksa berbalik ke Bandara Sentani setelah sempat lepas landas selama lebih kurang 20 menit. Pilot mengambil keputusan kembali setelah terjadi gangguan sistem.

"Mohon maaf kepada para penumpang, kita terpaksa harus kembali ke Bandara Sentani karena ada gangguan sistem," seru salah seorang pramugari melalui pengeras suara, Senin (29/12) malam. Setelah pesawat memutar balik lalu mendarat di bandara, gantian pilot pesawat menyampaikan permohonan maaf melalui pengeras suara karena pesawat harus berbalik. 

Disamping heran atas kejadian ini, para penumpang juga merasa was-was mengingat musibah yang menimpa penumpang AirAsia baru-baru ini.

Setibanya di Bandara Sentani, ratusan penumpang dipersilakan keluar dari pesawat dan menunggu di ruang tunggu. Diperkirakan perbaikan pesawat berlangsung lebih dari satu jam.

Kendati hanya disuguhi air mineral dan makanan kecil seadanya, namun rata-rata penumpang merasa lega gangguan sistem pesawat cepat diketahui pilot dan awak pesawat lainnya, sehingga pesawat belum sempat terbang jauh.

"Alhamdulillah gangguan sistem yang terjadi cepat terdeteksi dan segera diatasi. Tidak terbayangkan jika kondisi demikian terjadi ketika pesawat berada pada posisi yang lebih tinggi di udara," ujar Moch. Efendi, SH, CEO BeritaLima Cyber Media Group yang kebetulan menumpang Batik Air tersebut dengan tujuan Jakarta, sepulang lawatan ke Papua bareng sejumlah rekannya. 

Sembari menunggu proses perbaikan pesawat, para penumpang dari berbagai latar saling berinteraksi. Banyak diantaranya yang memilih lesehan di ruang tunggu bandara, mengingat keterbatasan jumlah bangku. Suasana di ruang tunggu menjadi lebih riuh dari biasanya. 

(ede)