Temu Pers Pemerintah Nias Utara dalam Rangka Memaparkan Progress Selama Tahun 2014

Nias Utara: Pelaksanaan Jumpa Pers yang dilaksanakan oleh Pemerintah Kabupaten Nias Utara Tahun 2014 dimaksud untuk memberikan informasi yang transparan dan terbuka kepada para publik tentang kinerja dan capaian Pemerintah Nias Utara selama kurun waktu 1 Tahun belakangan. Kegiatan yang dihadiri langsung Oleh Bupati Nias Utara, Sekda, beserta Para Kepala- kepala SKPD Nias Utara ini berlangsung selama  4 jam yang berlokasi di Gedung Gereja BNKP Jubilium Hilimaziaya, Kabupaten Nias Utara, Jumat (12/12/2014).

 "Kegiatan ini dimaksud untuk memberikan keterbukaan informasi kepada publik tentang kinerja pemerintah Kabupaten Nias Utara tahun 2014 serta kemajuan apa saja yang telah dicapai. Dan dalam kegiatan ini para wartawan dan anggota LSM bisa bertanya, memberi saran, serta kritik langsung kepada bapak Bupati serta kepada SKPD-SKPD yang berkaitan dengan kinerja- kinerja pemerintah." Ujar Ketua Penyelenggara yang juga merupakan Kepala Bagian Humas dan Keprotokolan Sekda Kabupaten Nias Utara, Notianus Telaumbanua, SE  saat membuka kegiatan dimaksud.
Dalam sesi tanya jawab, dialog yang disajikan berlangsung cukup a lot. Hal ini dikarenakan wartawan dan anggota LSM yang ada mempertanyakan tentang beberapa hal yang berkaitan dengan bidang sosial, ekonomi dan infranstruktur yang dirasa masih banyak memiliki kelemahan di dalam pelaksanaannya.  Kemajuan di bidang- bidang tersebut masih dirasa belum memenuhi target. Temuan- temuan di lapangan tidak sesuai dengan program- program yang dilaksanakan. Hal ini memang diakui oleh Bupati Nias, Edward Zega memang masih ada beberapa kelemahan yang terjadi  di lapangan. "Kelemahan- kelemahan yang terjadi dalam pelaksanaan setiap kegiatan memang selalu ada. Dan saya berharap kerjasama yang baik dari semua wartawan dan LSM terlebih dari masyarakat untuk terus mengawasi, melaporkan serta berperan aktif agar hal- hal yang bersifat merugikan masyarakat tidak terus berlanjut. Kita menginginkan agar Kabupaten Nias Utara ini menjadi kabupaten termaju, terdepan dan terkaya nantinya."tegas nya.
"Tapi saya juga tidak bisa memungkiri bahwa ada berbagai kemajuan selama 1 Tahun belakangan ini dimana investor asing siap menanamka modalnya di Kabupaten Nias Utara. Baik dalam pengembangan di sektor pertanian, pembangunan Pembangkit Listrik Tenaga Batu Bara (PLTB), Pembangunan Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS). Juga pembangunan infrastruktur jalan yang pengerjaannya sudah dijalankan. Dan di bidang pendidikan, Perguruan Tinggi Negeri segera direalisasikan pembangunan gedung permanennya di tahun mendatang. Semuanya dilakukan untuk kemajuan dan kesejahteraan masyarakat Kabupaten Nias Utara."lanjutnya.
Di akhir acara Bupati Nias berjanji selalu terbuka kepada wartawan dan LSM yang ingin mengetahui informasi- informasi terkait program- program pemerintah di tahun mendatang.  Charisma S. Halawa