Tingkatkan Akses dan Peluang Perempuan di Lingkungan Masyarakat

Peran perempuan cukup besar dalam kemajuan sebuah bangsa, oleh sebab itu harus ditingkatkan akses dan peluang perempuan  dalam menggunakan sumber daya pembangunan di lingkungan masyarakat.
    Demikian disampaikan Sekdaprov Jatim, Dr. H. Akhmad Sukardi, MM saat Peringatan Hari Ibu ke-86 , Hari Kesetiakawanan Sosial Nasional (HKSN) dan Hari Disabilitas Internasional (HDI) Provinsi Jawa Timur tahun 2014 di Gedung Negara Grahadi, Surabaya, Rabu (24/12).
    Oleh sebab itu, tuturnya, dengan adanya Peringatan Hari  Ibu, harus ada perubahan ke arah yang lebih baik bagi perempuan. "Peningkatan akses dan peluang cukup penting. Karena perempuan mempunyai kualitas yang tidak kalah dengan kaum pria. Perempuan bisa ambil bagian dalam proses pembangunan di Indonesia," ujarnya.
    Peringatan Hari  Ibu ke-86, juga sebagai momentum untuk merenungkan apa yang sudah dan belum dicapai para perempuan untuk kepentingan perempuan Indonesia. Dilihat dari catatan sejarah, perempuan juga ikut dalam perjuangan kemerdekaan bangsa Indonesia. "Sedangkan saat ini, perjuangan perempuan terlihat di lingkungan keluarga. Dimana perempuan memiliki posisi paling dekat dengan keluarga. Sebagian besar waktunya dihabiskan untuk keluarga," jelasnya.
    Kedepan, pemerintah akan mendorong perempuan untuk lebih berperan aktif dalam proses pembangunan. Sebagai contoh dengan mendorong pengembangan koperasi wanita (kopwan) baik di kota maupun di desa."Dan juga,  perempuan harus mendukung penghapusan kekerasan anak dan berpartisipasi dalam berbagai bidang untuk mewujudkan kemandirian kaum perempuan," ucapnya.
    Pada kesempatan yang sama ia menjelaskan, Peringatan HKSN  adalah perilaku untuk menumbuhkan sikap dan saling peduli, salah satu perwujudannya dengan tindakan. Saat ini, esensi HKSN adalah menggugah perasaan dan empati terhadap kesulitan orang lain secara bersama-sama  melalui aksi nyata. "Peduli terhadap orang lain, paling mudah dicerna karena telah diajarkan dalam ajaran agama," ungkapnya.
    Selain itu, peringatan HDI  adalah pengakuan akan eksistensi penyandang disabilitas dan penguatan akan komitmen bangsa dalam mewujudkan kepedulian terhadap para  penyandang." Salah satu tindakan yakni dengan meningkatkan pemahaman dan kepedulian semua pihak, yang dimulai dari pemerintah dan masyarakat," pungkasnya.(red)