Calon Penumpang AirAsia Tak Bisa Refund Tiket

SIDOARJO,JATIM -- Pembekuan rute penerbangan AirAsia Surabaya-Singapura membuat calon penumpang kebingungan. Pasalnya, tiket yang sudah mereka beli untuk penerbangan pasca keputusan pembekuan rute penerbangan tidak dapat diuangkan kembali (refund).

Bahkan, staf tiket AirAsia mengaku belum menerima keputusan yang dikeluarkan Dirjen Perhubungan Udara itu melalui otoritas AirAsia Pusat. Hal ini menjadi alasan staf tiket tidak dapat melayani pencairan kembali tiket yang sudah terlanjur dipesan.

Meski rute Surabaya-Singapura dan sebaliknya sudah dibekukan sementara melalui surat Dirjen Perhubungan Udara No AU. 088/1/1/DRJU-SAU-2015 tertanggal 2 Januari 2015. Namun, aktivitas pelayanan maskapai, termasuk penjualan tiket masih berjalan normal.

Berdasarkan data penjualan tiket AirAsia rute Surabaya-Singapura di Bandara Juanda Surabaya, dalam seminggu maskapai AirAsia tetap melakukan aktivitas penerbangan. Dalam satu minggu, setidaknya ada 4 kali penerbangan menuju Singapura.

Staf tiket di Bandara Juanda masih melayani penjualan tiket untuk rute yang sudah dibekukan tersebut. Tercatat, jadwal penerbangan maskapai AirAsia dilakukan pada hari Minggu, Senin, Rabu dan Jumat.

(mtc/wid/rki)