2015 DKP Kukar Siapkan 1 M Buat Pengadaan Bibit Ikan

Tenggarong, beritalima.com- Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Kabupaten Kukar, pada tahun 2015 ini telah menyiapkan  anggaran sebesar 1 Milyar buat pengadaan bibit ikan ikan air tawar untuk warga Kukar khususnya bagi Desa Mandiri diwilayah pesisir. Bibit ikan air tawar tersebut, nantinya  akan dibagikan secara berkelompok dan dikembangkan sendiri oleh warga.

Hal ini dikatakan Kepala Dinas DKP Kukar Armaenadi melalui Kepala Bidang Budidaya DKP  Muslik,."Bibit ikan yang disiapakn oleh dinas akan dibagikan secara berkelompk  untuk dibudidayakan. Saya tegaskan juga, pembagian bibit ikan tentunya tidak diberikan begitu saja, tetapi berdasarkan permohonan yang dimasukkan oleh Desa  yang ingin membudidayakan ikan air tawar ke Kantor DKP Kukar,"ketanya kepada media ini, Kamis (12/2) diruang kerjanya.
Dijelaskan, saat ini  Dinas sudah melakukan tahapan untuk persiapan lelang. Mengingat, didalam penyiapan bibit ikan air tawar seperti Ikan Nila, Emas dan Patin. Itu melalui pihak ke tiga."Kita sudah susun perencanaan lelangnya, jika tidak ada halangan, Maret nanti lelang sudah bisa kita lakukan,"tegasnya.

Ia mengaku, pemberian bibit ikan air tawar kepada warga sebagai penerima hanya sebatas bibit, sedangkan si penerima menyaipkan bak atau tempat pemeiliharaan dengan ukuran yang  disesuaikan dengan lokasi yang disiapkan oleh mereka."Pemberian bibit nantinya, itu yang menerima adalah kelompok yang merupakan binaan dari Dinas. Sehingga, didalam pengelolaanya benar-benar terjaga mengingat setioap penbgelola tetap mendapat penyuluhan dari kita,"jelasnya
Perlu diketahui juga, untuk tahun ini sekitar 15 Desa Mandiri saja  di bagian Daerah pesisir yang akan mendapat bantuan bibit ikan air tawar tersebut. Walau didalam SK yang ada itu sekitar 32 Desa Mandiri, namun dikarenakan anggaranya untuk tahun ke tiga ini kurang. Maka hanya setengah saja yang akan dapat."Jika tidak ada halangan, sekitar pertengahan tahun 2016 ini kita sudah bisa salurkan bibit tersebut,"pungkasnya.(ind)