Badan Pembinaan Pendidikan Dayah Bireuen Gelar Lomba Foto

Badan Pembinaan Pendidikan Dayah (BPPD) Kabupaten Bireuen menggelar lomba foto. Lomba foto tersebut bertemakan, "Membidik Negeri 1001 Dayah".


Kepala BPPD Bireuen, Dr. Saifullah, S.Ag, M.Pd, mengemukakan, kegiatan ini dilaksanakan dalam rangka Bireuen menuju kota santri 2018.
Dia meincikannya kategori perlombaan, ketentuan umum dan syarat lainnya kepada peserta. Adapun kategori foto yang diperlombakan, yaitu arsitektur dayah di Kabupaten Bireuen, aktivitas Teungku Dayah di Kabupaten Bireuen dan aktivitas santri dayah di Kabupaten Bireuen. Lomba ini tidak dibatasi usia dan terbuka untuk umum.
"Ketentuan umum lomba ini, terbuka untuk umum, tidak dipungut biaya, karya foto yang dikirim adalah hasil karya sendiri, foto yang diikutsertakan dalam lomba ini adalah foto dengan menggunakan kamera digital (DSLR, Pocket/kamera saku) tanpa batasan dan merek tertentu," jelasnya.
Karya foto yang diikutsertakan diambil terhitung sejak 1 Januari 2014 sampai 30 April 2015. Setiap peserta diperbolehkan mengirim maksimal 3 buah karya foto. Olah digital diperbolehkan, sebatas perbaikan kualitas foto tanpa merubah keaslian objek (Sharpening, cropping dan saturasi warna).
Tidak boleh mengirim foto berupa kombinasi dari satu foto atau menghilangkan/mengubah elemen-elemen dalam satu foto. Setiap foto dilengkapi identitas diri peserta seperti : nama fotografer, judul foto, teks foto. Hal cipta tetap melekat pada fotogarfer.
Foto yang dikirim ke panitia tidak dikembalikan dan menjadi koleksi penyelenggara lomba (Badan Pembinaan Pendidikan Dayah (BPPD) Kabupaten Bireuen).
Tata Cara Pengiriman Karya Foto
Karya foto yang dikirim diperkecil (resize) dengan ukuran sisi panjang 3000 pixel, disimpan dalam JPG, resolusi 300 dpi dan di kirim ke pantia melalui email dengan alamat lombafoto_dayahbireuen@yahoo.com
Penamaan file foto harus mencantumkan (Judul foto-nama fotografer-No. HP) Contoh : Dayah Mudi Mesra-Rahmad-08136066xxxx. Kepada para pemenang panitia juga meminta file asli.  Panitia juga berhak mendiskualifikasi pesrta sebelum dan sesudah penjurian apabila dianggap melakukan kecurangan.
Dengan mengirim karya foto berarti peserta telah dianggap menyetujui semua persyaratan yang telah ditetapkan panitia.
Batas akhir pengiriman 30 April 2015 pukul 24.00 WIB. Pengumuman pemenang pada 11 Mei 2015.Keputusan juri mutlak dan tidak dapat diganggu gugat.
Hadiah
Juara pertama diberikan sertifikat dan hadiah uang sebesar Rp5 juta, juara dua sertifikat dan uang sebesar Rp4 juta, juara tiga sertifikat dan uang sebesar Rp3 juta dan 10 juara favorit sertifikat dan uang masing-masing sebesar Rp1 juta.
Kriteria penilaian, kesesuaian tema (foto) daya tarik, keunikan dan harmonisasi. Juri lomba foto, Chaideer Mahyuddin (Fotografer Agence France Presse) Irwansyah Putra (Fotografer Antara) dan Dr. Saifullah S.Ag,M.Pd (Akademisi)