Nelayan Miskin Desa Tanjung Binjai Butuh Bantuan Rumah Layak Huni

Aceh Tamiang, beritalima: Nelayan miskin warga Desa Tanjung Binjai Kecamatan Bendahara, Kabupaten Aceh Tamiang meminta Pemerintah untuk memberikan bantuan rumah layak huni. Hal tersebut disampaikan Datok Penghulu Kampung (Kepala Desa) setempat, Azharuddin kepada beritalima di Karang Baru (18/2).
        Azharuddin mengatakan, sekitar 50 KK warganya yang bermata pencaharian sebagai nelayan mendiami gubuk tidak layak huni sebagai tempat tinggalnya.
        Azharuddin menambahkan, meskipun disejumlah Desa dalam Kabupaten Aceh Tamiang telah dibangun ratusan unit rumah layak huni yang diperuntukkan bagi kaum nelayan miskin, namun bantuan rumah nelayan dimaksud belum ada yang dibangun di Desanya.
        "Kami mohon keseriusan Pemerintah dalam memberikan bantuan rumah layak huni kepada para nelayan miskin secara merata dan tanpa ada unsur tebang pilih,", ungkap Azharuddin.
        Disebutkannya, tidak sedikit warganya yang hanya memiliki bangunan tempat tinggal beratap dan berdinding daun nipah. Sedangkan sebahagiannya lagi, meskipun dinding rumahnya terdiri dari papan, namun kondisinya sudah lapuk.
        "Banyak warga saya bertempat tinggal digubuk yang beratap sekaligus dindingnya berbahan daun nipah, dan tidak sedikit pula dari mereka yang menghuni rumah papan namun kondisinya sudah reot", ujar Azharuddin.
        Bahkan kata azharuddin, gubuk berdinding daun nipah tersebut tanpa memiliki bilik (kamar), sebagai pembatas kamar antara anak dan orang tua, mereka menggunakan plastik tenda biru sebagai penyekatnya. (Suparmin)