Olahraga Para Raja Promosi Wisata Luak Limopuluah

Luak Limopuluah, Beritalima,- Pacuan Kuda tingkat nasional kembali diadakan di Gelanggang Pacuan Kubu Gadang. Iven nasional tersebut rencana akan dibuka langsung oleh Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (Menpora RI) Imam Nahrawi, Minggu (15/2).



Hiburan rakyat yang disebut-sebut olahraga para raja akan diselengarakan 15 sampai 16 februari 2015 mendatang. Untuk melestarikan olahraga tersebut, Pordasi Kota Payakumbuh dan Limapuluh Kota bersama panitia pelaksana mengemas iven tersebut secara apik.

Ketua pelaksana Drs. H Asyirwan Yunus mengatakan, Pacuan kuda sudah menjadi pesta rakyat rutin bagi masyarakat Minang Kabau. Iven pacu Kuda Gubu Gadang berskala nasional merupakan iven yang kesekian kalinya, selalu ada setiap tahun. untuk itu ia bersama panitia pelaksana lainnya mengaku bekerja maksimal untuk kesiapan terselenggaranya perhelatan itu.

"Untuk melestarikan kebudayaan, ini merupakan iven yang pantas, untuk itu kita bersama panitia pelaksana yang lain akan maksimal dalam persiapan untuk terselenggaranya iven tersebut." kata Asyirwan yunus.

Di jelaskan Asyirwan Yunus nomor-nomor yang akan diperlombakan masih seperti pacuan sebelumnya. seperti jarak 800 meter, 1000 meter, boko 1.600 meter sampai jarak Derby atau istimewa 1.800 meter.

ia menambahkan, selain persiapan hingga terselenggaranya iven tersebut, secara tak langsung ini juga menjadi promosi wisata untuk Luak Limopuluah yang meliputi Kabupaten Limapuluh Kota dan Kota Payakumbuh.

Pacuan Kuda bukan diminati oleh masyarakat Minang Kabau saja. Juga daerah lain,bahkan sampai luar negeri masyarakatnya banyak yang meminati olah raga berkuda. Keunikan dengan destinasi yang ada pacuan kuda yang ada di Sumatera Barat mampu mendatangkan wisatawan lokal dan mancanegara.

" Daerah kita daerah yang kaya akan destinasi  semoga iven ini menjadi agenda wisata Luak Limopuluah kedepan," tambah Asyirwan.

(bl/rn)