Bupati Nias Utara Hadiri Pekan Raya Sumatera Utara Ke 44 Tahun 2015

Bupati  Nias Utara Drs.Edward Zega,BSc,MM hadiri Pembukaan Pekan Raya Sumatera Utara yang ke 44 tahun 2015 , yang dilaksanakan di area PRSU Medan  yang berlangsung selama satu bulan, 20 Maret – 20 April 2015. Acara pembukaan dibuka  resmi oleh Gubernur Sumatera Utara yang di wakili Ir. H. Tengku Erry  Nuradi, M.Si, Wagub Sumut, Jumat (20/3) malam.



Usai acara Bupati Nias Utara Drs.Edward Zega,BSc,MM langsung meninjau Stand Pemerintah Kabupaten Nias Utara yang berada di Pavilium Aula Serba Guna Provinsi Sumatera Utara didampingi Ketua TP PKK Kab. Nias Utara dan beberapa Kepala SKPD, para Camat serta masyarakat Nias Utara yang berdomisi di Medan,
Kedatangan Edward disambut Kepala Dinas Perindustrian Perdagangan dan Koperasi Yustin F Waruwu, Kepala Dinas Pariwisata Kebudayaan Pemuda dan Olah Raga Toloni Waruwu serta Panitia PRSU Nias Utara.

Sambutan Bupati Nias Utara semakin menambah kekhasan daerah nias utara dimana terlihat diiringi pemukulan alat musik tradisional Nias Utara, seperti Gõndra, Aramba, dan Faritia, yang semakin menambah semaraknya Stand Pemerintah Kabupaten Nias Utara.  

Bupati Nias Utara berharap melalui kegiatan ini produk kesenian Nias Utara dapat lebih dikenal oleh masyarakat luas dan dapat menarik perhatian  masyarakat luas sehingga dapat menjadi daya tarik tersendiri dalam bidang budaya, perindustrian, perdagangan dan pariwisata, yang dapat menunjang peningkatan perekonomian masyarakat Nias Utara.  

Kabag Humas Nias Utara Notianus Telaumbanua,SE mengatakan bahwa Stand Pemerintah Kabupaten Nias Utara sebagai peserta sudah turut memamerkan  beberapa produk termasuk kesenian dari Nias Utara, hasil kelautan dan perikanan, kerajinan produksi rumah tangga, potensi alam, produk budaya dan lain sebagainya.

Ditamabahkan Notianus kita juga memamerkan juga berbagai produk unggulan khas Nias Utara seperti batu akik, tas anyaman, dan berbagai barang sejarah piring besar bermotif gambar naga yang timbul dengan nilai 150 juta, pedang alat perang yang  berumur 70 tahun lalu dan bernilai tinggi.@Akz/MH/Tim