Diresmikan Kodim 1627 Rote Ndao

Ba'a – NTT (beritalima)---Komando Distrik Militer (Kodim) 1627/Rote Ndao resmi beroperasi di Kabupaten Rote Ndao setelah diresmikan Pangdam IX/Udayana, Mayor Jenderal TNI Torry Djohar Banguntoro pada Senin (16/3) lalu. Markas Kodim 1627/Rote Ndao ini terletak di Desa Oeteas, Kecamatan Lobalain atau sekitar kurang lebih dua kilo meter dari Kota Ba'a, ibu Kabupaten Rote Ndao.

Peresmian Kodim 1627/Rote Ndao tersebut ditandai dengan pembukaan kain selubung papan nama oleh Pangdam IX/Udayana, Mayjen, Torry Djohar Banguntoro bersama Bupati Rote Ndao, Leonard Haning yang disaksikan Wakil Gubernur NTT, Benny Litelnoni. Acara ini pula Danrem 161/Wira Sakti, Brigjend TNI Achmad Yuliarto serta Pimpinan SKPD Lingkup Pemkab Rote Ndao.

Mayjen Torry Djohar Banguntoro  mengatakan, Rote Ndao secara geografis terpencil, namun kedepan sangat potensial. Menurutnya, keberadaan TNI-AD sangat dibutuhkan masyarakat Kabupaten Rote Ndao serta mendampingi Pemerintah Daerah Rote Ndao dalam rangka pemberdayaan wilayah pertahanan aspek darat.

Untuk menjalankan program serbuan terotirial bagaimana berbuat yang terbaik dan berani bertanggungjawabkan tulus dan iklas, dimana profesionalisme satu prajurit itu kita melihat dari aturan-aturan itu sendiri dari Undang-undang Dasar sampai aturan  TNI sampai tugas-tugas kita, termasuk ancaman yang sedang berlaku dari Dalam Negeri dan Luar Negeri.

Bupati Rote Ndao, Leonard Haning mengatakan kehadiran kodim 1627/Rote Ndao maka lengkap sudah lembaga-lembaga pusat didaerah sehingga pemerintah akan semakin kuat membangun wilayah Rote Ndao. Walau beda tugas, tetapi tujuan yang sama untuk pembangunan wilayah Rote Ndao yang merupakan bagian dari NKRI. Bupati Haing berjanji akan membangun sejumlah rumah untuk prajurit TNI di Makodim 1627, dan jumlahnya akan disesuaikan dengan keuangan daerah kata Haning

Sementara Wakil Gubernur Nusa Tenggara Timur, Benny Litelnoni mengatakan, Kodim 1627/Rote Ndao merupakan asset Pemerintah Daerah Rote Ndao sesuai dengan amanat Otonomi Daerah dan juga Aset Pemerintah Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT). Oleh karena itu, Pemerintah memberikan apresiasi kepada tuan tanah yang menyerahkan tanahnya untuk pembangunan Kodim 1627/Rote Ndao

" Kehadiran Kodim 1627 Rote Ndao sudah lengkap. Bagaimana tidak dulu orang datang Rote harus mengandalkan lihat bulan, karena takut cuaca, tetapi sekarang sudah sangat maju dalam transportasi", kata Benny Litelnoni. (Han)