Ekspedisi NKRI Gelar Operasi Katarak Gratis

Dalam rangka membantu pelayanan kesehatan masyarakat kurang mampu, tim Ekspedisi NKRI Subkorwil -1 Karangasem menggelar bakti sosial berupa pemeriksaan mata,  operasi katarak dan Pemberian kaca mata gratis  akan berlangsung selama dua hari pada 24 – 25 Maret, di Lapangan desa Tianyar Timur, Jl. Raya Pura Dalem di belakang SMP 2 Kubu Karangasem ,Bali, Selasa ( 24/3/2015)
Target yang ingin dicapai dalam operasi Katarak sebanyak 500 orang , sampai hari ini sudah 286 pasien  dan rencana akan dilanjutkan esok hari 
"Kegiatan pemeriksaan  mata, operasi katarak dan pemberian kaca mata gratis digelar sebagai  bagian kegiatan  Ekspedisi NKRI 2015 dalam  rangka membantu masyarakat yang membutuhkan karena belum   ada biaya, jarak yang jauh dari Rumah Sakit  serta belum  tentu ada penanganan untuk  operasi yang dibutuhkan khususnya bagi masyarakat daerah Kubu yang masuk  daerah  tertinggal  ",papar Dandim 1623/karangasem letkol Arm Erdi Eka Widjayanto S.IP,selaku Dansubkorwil-1 Karangasem
Dr. Prof. Niti Susila, Sp.M (K) (ketua PERDAMI) dan Drs. Wayan Sukajaya (ketua YKI) berharap semoga kerjasama dengan Tim Ekspedisi NKRI 2015 ini bisa berjalan lancar di pulau Bali maupun di luar Bali, karena banyak warga negara Indonesia yang mengalami penyakit mata khususnya penyakit katarak.

 "Saya mengucapkan terimakasih kepada Tim Ekspedisi NKRI yang bekerjasama di kegiatan ini, berkat acara ini ibu saya bisa operasi yang kedua kalinya pada mata kiri, sebelumnya juga pernah ikut operasi katarak gratis bersama PERDAMI dengan hasil penglihatan sudah normal kembali mata kanan",  tutur I Nyoman Rauh ketika mengantarkan ibunya  bernama   Ny. Nyoman Orta (68 Th)

Ekspedisi NKRI Koridor Kepulauan Nusa Tenggara Tahun 2015 merupakan kegiatan ekspedisi yang ke-5, setelah berturut-turut dilaksanakan yaitu Ekspedisi Bukit Barisan di Sumatera Tahun 2011, Ekspedisi Khatulistiwa di Kalimantan Tahun 2012, Ekspedisi NKRI Koridor Sulawesi Tahun 2013, serta Ekspedisi NKRI Koridor Maluku dan Maluku Utara Tahun 2014.
Selain Subkorwil Karangasem , Peserta Ekspedisi NKRI 2015 ditempatkandi wilayah  Lombok Timur,  Sumbawa, Bima , Sumba Barat Daya,Ende,  Alor, dan  Belu. Masing-masing Subkorwil mengemban misi untuk melaksanakan pendataan dan pemetaan sumber daya alam dan sumber daya manusia, seperti: Pengabdian masyarakat,Penjelajahan,Penelitian meliputi  kehutanan, flora fauna, geologi, potensi bencana dan sosial budaya. Di samping itu, Ekspedisi ini juga mengemban misi untuk membuka daerah terisolir, mendorong peningkatan kesejahteraan sosial dan kesadaran akan pertahanan keamanan wilayah ( Mayor Inf Achmad Munir, penerangan Kopassus )