Kesiapan SMK Negeri 1 Kupang Menghadapi UN Secara Online


Kupang - NTT (beritalima),  SMK Negeri 1 Kupang adalah satu – satunya sekolah di NTT yang pertama kali menyatakan kesiapan melaksanakan Ujian Nasional  CBT (Computer Base Test) atau Online ini secara online tahun ini. Pada Selasa (17/3) telah dilakukan verifikasi sekaligus sosialisasi oleh tim teknis UN CBT Direktorat Pembinaan SMK Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. 
Pihak sekolah pun telah melakukan berbagai persiapan fasilitas baik itu  komputer, jaringan internet. Demi kelancaran UN Online tersebut, SMK Negeri 1 Kupang telah melakukan penandatanganan MoU (Memorandum of Understanding) dengan PT. Telkom Cabang Kupang.
Demikian dikatakan Kepala SMK Negeri 1 Kupang, Mathias Beeh, MM kepada media ini di kantornya, Selasa (17/3) siang. 
Menurut dia, dari sisi program sofwere yang ada diprogram komputer pun sudah siap sesuai hasil verifikasi tim teknis UN CBT Direktorat. 
 " Jaringan sudah terpasang semua. Bahkan kemampuan channel diatas rata – rata yang disyaratkan oleh Direktorat. Jadi kemampuan ini,  saya yakin tidak akan mengganggu. Dan, kita sudah lakukan uji coba oleh calon peserta ujian nasional dari tanggal 5 sampai dengan 7 Maret lalu. Hari ini sudah sofwer dan kita akan lakukan lagi uji coba. Dari siswa sendiri menyambut gembira, guru dan kepantiaan sudah siap," kata Mathias.
Ia mengatakan, jumlah siswa peserta UN tahun ini sebanyak 407 orang dari lima jurusan. Kreteria UN ini, peralatannya setidaknya satu berbanding tiga. " Jadi pelaksanaan UN secara online ini dibagi dalam tiga sif. Karena itu kita butuh sebanyak 136 alat komputer saja sudah cukup. Tapi sekolah sudah siapkan komputer sebanyak 180 unit dengan jumlah ruangan yang disiapkan sebanyak sembilan ruangan. Jadi cadangan untuk mengantisipasi dalam UN nanti terjadi gangguan teknis", tambah dia. 
Bimo Prabowo, Tim Teknis UN CBT Direktorat Pembinaan SMK Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI menyampaikan apresiasi langkah SMK Negeri 1 Kupang yang berani untuk tetap maju mengikuti UN CBT (Computer Base Test) atau Online ini. Dari segi fasilitas sangat memadai, bahkan bisa dibilang lebih dari cukup dan sangat bagus. 
Menurut dia, pelaksanaan UN Online ini di NTT baru SMK Negeri 1 Kupang yang sudah siap. Sedangkan untuk seluruh Indonesia baru sekitar 500-an sekolah baik itu SMP, SMA/SMK. Itu pun banyak yang tidak siap. " Sebenarnya di NTT ada tiga sekolah yaitu SMK Negeri 1 Kupang, SMK Negeri 3 Kupang, dan SMK Negeri Ende. Namun sampai dengan hari ini (Selasa, red) baru SMK Negeri 1 Kupang yang sudah siap melaksanakan UN secara Online", kata dia.  
Auccoun Manager Telkom Kupang, Paulo Fernando kepada beritalima mengatakan, kebijakan UN ini dari Telkom sudah tandatangani kontrak dengan SMK Negeri 1 Kupang demi kelancaran UN secara Online. Karena itu, Telkom Cabang Kupang siap mengawal, karena ini sekolah yang pertama kali melaksanakan UN secara Online di NTT. 
Bahkan pihak Telkom Cabang Kupang menjamin pelaksanaan UN secara Online nanti tidak akan ada gangguan jaringan. " Tim teknis akan kami stand by kan disini untuk mendukung dan kelancaran UN", ujarnya. 
Salah satu peserta UN, Yolanda P. Thei, Jurusan  Usaha Perjalanan Wisata Dua kepada media ini mengatakan, pihaknya sudah siap melaksanakan UN secara Online. " Saya sering buka – buka contoh – contoh soal online , dan juga contoh – contoh soal tahun 2014. Kemudian dari sekolah, juga sudah memberi pelatihan untuk mengecek bagaimana kecepatan internetnya", kata Yolanda. 
Begitu pula, Apri Koreh Rohi, siswa kelas XII, Jurusan Pemasaran. Menurut Apri, pihaknya sudah siap melaksanakan UN secara Online. Menurut Apri, ada sedikit kekwatiran dengan kapasitas waktu yang mereka sediahkan dirasa kurang. (Han)