P4TKI Akan Didirkan di Jawa Timur

Banyuwangi.beritalima.com - Guna mempermudah dan mendekatkan pelayanan kepada para TKI, Pos Pelayanan Penempatan dan Perlindungan Tenaga Kerja Indonesia (P4TKI) tak lama lagi akan di dirikan (27/3).

Hal ini dibahas dalam rapat kordinasi BNP2TKI (Badan Nasional Penempatan dan Perlindungan Tenaga Kerja Indonesia) di Ballroom hotel Santika Banyuwangi yang dihadiri UPTP3TKI (Unit Pelaksana Teknis Pelayanan Penempatan dan Perlindungan Tenaga Kerja Indonesia), UP3TKI (Unit Pelayanan Perekrutan Tenaga Kerja Indonesia), Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi, serta Satker Kesehatan se Jawa Timur.

Dalam pembahasan tersebut pendirian P4TKI rencananya akan ditempatkan di Banyuwangi, Malang, Madiun dan Sidoarjo. Dan masing - masing P4TKI itu akan membawai pelayanan TKI dibeberapa kabupaten diwilayah Jawa Timur.

Menurut Alam Sudrajat selaku Kepala Dinas Tenaga Kerja Dan Transmigrasi Banyuwangi mengatakan bahwa untuk P4TKI yang di Banyuwangi akan membawai lima kabupaten, antara lain Kabupaten Banyuwangi, Lumajang, Situbondo, Bondowoso, Jember.

Menurutnya lagi Dengan adanya P4TKI akan mempermudah pelayanan TKI mulai dari kepengurusan dokumen hingga medicall. "Ini adalah upaya dari pemerintah guna mempermudah dan mendekatkan proses kepengurusan TKI termasuk penempatan dan perlindungan TKI," jelasnya. (Yud)