PT Pertamina EP Field Rantau Lestarikan Bumi Yang Asri

Budaya Hijau Dilingkungan Sekolah, Kiat Dasar Membimbing Generasi Yang Mandiri Dan Cinta Pada Alam
Aceh Tamiang, beritalima | PT Pertamina EP Field Rantau tetap konsisten dan mengutamakan dalam menjaga keselamatan serta kelestarian alam. Berbagai kegiatan yang berbasis lingkungan selalu dilakukan, baik secara internal maupun yang bekerjasama dengan sejumlah lembaga kemasyarakatan, kelompok maupun organisasi lainnya.

Sejak Tahun 2012 lalu, PT Pertamina EP Field Rantau telah merangkul SMA Negeri 2 Kejuruan Muda Kabupaten Aceh Tamiang melalui program Sekolah Hijau (Green School). Program yang prakarsai BUMN (Pertamina) yang didukung penuh oleh segenap siswa tersebut ternyata telah membuahkan hasil yang sangat gemilang.

Melalui pendampingan sekolah berwawasan lingkungan yang telah memberikan banyak perubahan, mulai dari Kebijakan Sekolah berwawasan lingkungan, perilaku warga sekolah yang mulai peduli akan kebersihan lingkungan sekolah melalui pengelolaan sampah dengan rumah kompos, tong sampah yang tersedia di setiap kelas,  penghijauan, pemanfaatan lahan kosong sebagai kebun dan hutan sekolah serta beberapa prestasi di bidang lingkungan seperti peringkat 1 sekolah Adiwyata tingkat Kabupaten Aceh Tamiang di tahun 2013.

Bukan hanya itu, bahkan seorang siswi bernama Sri Ramadhana yang merupakan salah satu anggota Duta Green School SMAN 2 Kejuruan Muda terpilih sebagai Duta Lingkungan Aceh Tahun 2014. Dan di tahun 2015, sebagai wujud kepeduliannya terhadap lingkungan serta sesuai dengan komitmen PT Pertamina EP "Tumbuh Bersama untuk Indonesia", PT Pertamina EP Field Rantau kembali melakukan pendampingan lanjutan terhadap SMAN 2 Kejuruan Muda menuju sekolah Adhiwiyata.

       Rantau Asisten Manager Legal & relation PT Pertamina EP, Jufri Kamis (12/3) diruang kerjanya kepada beritalima menyebutkan, Pendampingan lanjutan tersebut  diawali dengan Focus Group Discussion (FGD), yaitu diskusi kelompok yang dilaksanakan Selasa 10/3/2015 lalu di Aula SMAN 2 Kejurua  Muda, acara yang dihadiri oleh CSR Staf PT Pertamina EP Field Rantau Dedi Zikrian S, Kepala Dinas Pendididkan Kab. Aceh Tamiang Ikhwanuddin, perwakilan  dari  Dinas BLHK  Kab.  Aceh  Tamiang Susiani, S. Si, Ketua Komite Sekolah Ridwan Ma'aruf, Kepala Sekolah SMAN 2 Kejuruan Muda Suhairi, Dewan Guru dan Siswa siswi Duta Green School SMAN 2 Kejuruan Muda.
​Acara tersebut juga dihadiri Ismed Ramadhan dari Yayasan Permakultur Aceh selaku Mitra Pertamina EP Field Rantau yang akan mendampingi pelaksanaan program Green School di SMAN 2 Kejuruan Muda.

"Dari hasil FGD tersebut semua pihak sepakat dalam pendampingan lanjutan ini yang akan dilakukan beberapa program lingkungan menuju sekolah Adhiwiyata", ujar Jefri yang didampingi CSR Staf PT Pertamina EP Field Rantau, Dedi Zikrian, S.

Menurutnya, Program lanjutan dimaksud antara lain Pengembangan Kebun Organik Sekolah (Organic Garden School Development), Taman Air Limbah (Waste Water Garden), Daur Ulang Kertas (Recycle Paper), Penguatan kelembagaan (Organization development), Integrasi Lingkungan Hidup (Integreted Environtment), Pencerahan Hemat Energi (Awareness of energy saving), Jaringan Kerja Pengelolaan Lingkungan (Networking )dan Praktek Lingkungan Lapangan (Environment Field Trip).

Sambung Jufri lagi, pihaknya perlu mewariskan sikap mental dan perilaku yang peduli akan lingkungan bagi calon-calon penerus generasi bangsa melalui program yang terukur dan berkesinambungan untuk melakukan internalisasi atau penanaman nilai-nilai tentang cara pandang dan cara hidup yang berwawasan lingkungan. Sekolah.

"Salah satu institusi paling efektif untuk melakukan proses penanaman nilai-nilai tersebut, di sekolah anak-anak mendapat penanam nilai pertama tentang segala sesuatu, dan akan terasa dampaknya secara massive manakala proses ini dilakukan secara menyeluruh kepada seluruh siswa dan kemudian tersimulasi dalam pergaulan mereka sehari-hari di sekolah", ujarrnya.

Yang pasti kata Jufri, Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Aceh Tamiang Ikhwanuddin dalam FGD sangat appreciate dengan program yang digagas dan diinsiasi oleh PT Pertamina EP Field Rantau dengan tajuk kegiatan Sekolah Hijau (Green School). Karena pada hakikatnya program ini merupakan salah satu bentuk upaya untuk menyiapkan generasi masa depan yang berwawasan lingkungan. (Suparmin)