Sosok Pahlawan Budaya Sarjiman Ahli Warangka Keris Jogjakarta

Beritalima.com.Jogjakarta -Sungguh sesuatu yang membanggakan.Budaya jawa yang hampir tergerus budaya lain,masih ditemukan sosok yang gigih mempertahankannya.
Adalah Sarjiman (29) warga Termalang Rt 02 Dusun Karang Rejek Desa Karang Tengah Kecamatan Imogiri Kabupaten Bantul Jogjakarta, bapak satu putra yang tidak lulus SD ini,mampu menciptakan suatu seni budaya yang tidak sembarang orang mampu

mengerjakannya. Suami dari Nur Sriani ini dengan bakat alamnya mampu menjadi ahli pembuat warangka keris dan asesoris benda budaya lainnya seperti warangka tumbak dan asesoris terkait pusaka pusaka Jawa.

"Saya tidak sekolah,mas...sejak kecil saya suka keris. Terdorong ingin mencari uang sendiri,saya keluar dari sekolah kelas lima SD", ujar Sarjiman.
Saat ditanya apakah ini bakat warisan dari orang tua ? Sarjiman malah tertawa.

" Bapak kulo malah mboten saget nopo nopo masalah keris(Bapak saya malah tidak mengerti apa apa masalah keris,Red)", Jelas dari ayah Avri Ikhsan Nurrahman (5) yang ganteng di sela sela membuat warangka keris.
Dalam akhir wawancaranya,Sarjiman yang pernah diwawancarai oleh sebuah stasiun TV swasta Nasional ini menitipkan pesan: " silahkan kalau sedulur sedulur yang suka kolekse keris sepuh atau keris baru,sekaligus ingin dibuatkan asesorisnya,hubungi saya di nomer hp saya 087 839 710 050,Insya Allah akan saya layani dengan senang hati",jelas Sarjiman menutup pembicaraan.

Suatu hal yang perlu di support pahlawan pahlawan budaya seperti Sarjiman. (Str 1)