Tidak Diberdayakan, Subag Humas Setwan Aceh Tamiang Mandul


Aceh Tamiang, beritalima: Misteri ketidak berfungsinya Bagian Humas pada Sekretariat Dewan Perwakilan Rakyat Kabupaten Aceh Tamiang kian semakin kentara. Terselubungnya sejumlah kegiatan dilingkungan Sekretariat DPRK ini disinyalir ada unsur kesengajaan dari pihak penyelenggara kepentingan dilembaga tersebut agar seluruh kegiatan yang diselenggarakan tidak sepenuhnya dapat dipantau dan diketahui oleh publik.
              Sehingga tugas pokok dan fungsi (Tupoksi) pihak Humas yang dibawahi bagian Hukum terkesan dikebiri, sehingga layaknya sapi ompong, pihak humas Sekretariat DPRK setempat tidak mampu memberikan informasi apapun kepada awak media pada setiap kegiatan. Walhasil, akibat kinerja humas yang dimandulkan tersebut, banyak kegiatan yang menggunakan anggaran dana bersumber dari uang rakyat tidak sepenuhnya dapat diinformasikan kepada publik melalui media masa.
              Untuk mendapatkan satu informasi lengkap, awak media harus mencari disejumlah orang staf maupun kabag diruang bagian berbeda. Sedangkan staf serta Kasubag Humas tidak mampu memberikan jawaban serta bahan berita sesuai yang dibutuhkan wartawan.
              Sekretaris Dewan (Sekwan) setempat, Hidayat Tanjung, SH, MH kepada beritalima mengatakan pihak Humas kurang memahami tentang tugasnya. Meskipun begitu, untuk mendapatkan suatu berita, Hidayat Tanjung mengarahkan agar wartawan menemui sejumlah  orang    Pihak awak media merasa kesulitan jika ingkin mengutip suatu pemberitaan untuk disiarkan melalui media masa dari masing masing wartawan.
              Sekwan yang saat itu didampingi Kabag Hukum, Husaini, SH tidak ada membicarakan hal hal yang menyangkut untuk memberdayakan pihak subag humas maupun upaya meningkatkan keprofesionalan kinerja kehumasan.
                        `           Humas selalu tidak diikut sertakan diberbagai kegiatan
              Sejak dari Kasubag Humas hingga stafnya tidak mengerti apa apa ketika ditanya terkait keberangkatan kunjungan kerja (Kunker) anggota Dewan dari Komisi A dan komisi B serta pendamping komisi maupun jumlah 4 orang staf pada bagian persidangan dan sejumlah Kepala SKPK dilingkungan Pemkab Aceh Tamiang ke Selong Kabupaten Lombok Timur, Nusa Tenggara Barat (NTB).
              Pantauan wartawan, selama ini rutinitas Sub. Bagian Humas Setwan Aceh Tamiang hanya difungsikan melakukan pengguntingan berita (klipping) dari berbagai surat kabar tentang pemberitaan di Kabupaten itu dan melakukan pengamprahan dan pembayaran rekening langganan koran yang dilakukan per triwulan (3 bulan sekali).
              Sejumlah watawan yang bertugas diwilayah Kabupaten Aceh Tamiang menduga, fungsi Subag Humas Sekretariat DPRK setempat sengaja tidak diberdayakan disinyalir karena ada unsur kepentingan pimpinan. (Suparmin)