Bupati Beserta Komisi lV DPRD Bondowoso Monitoring Ujian Nasional Online

Bondowoso Beritalima.com - Seluruh SMA/SMK/MA sederajat di Kota Bondowoso , Provinsi Jawa timur mengikuti ujian nasional tahun ajaran 2014/2015 yang berlangsung secara serentak mulai April 13 April 2015. Diantara semua sekola yang melaksanakan Ujian nasional hanya satu sekolah yang melakukan UN dengan berbasis komputer atau online.
Ujian dilaksanakan sekitar seratusan sekolah penyelenggara, satu di antaranya melaksanakan ujian berbasis komputer atau Computer Based Test (CBT) yakni SMK Negeri 1 Bondowoso . Bupati Bondowoso, Amin Said Husni beserta jajarannya dan Komisi 1V DPRD kabupaten Bondowoso memonitor Sekolah Menengah Kejuruan Satu, yang sedang melangsungkan ujian nasional senin (13/4/2015).
SMK 1 ini merupakan satu-satunya sekolah tingkat menengah di Bondowoso yang memenuhi persyaratan untuk menyelenggarakan Ujian Nasional online.

Menurut Amin Said Husni, ujian nasional dengan menggunakan jalur online akan menjamin kejujuran siswa dalam memperoleh nilai. Karena tidak ada kesempatan melakukan kecurangan-kecurangan, 
"Saya berharap tahun depan ada sekolah lain di Bondowoso yang bisa menerapkan Ujian Nasional online," kata Bupati .

Untuk mengantisipasi agar ujian nasional ini berjalan dengan aman dan lancar, pihak kepolisian menjaga ketat lokasi ujian nasional, "Dan untuk lancarnya proses Unas, pihak sekolah juga menyediakan jen set untuk mengantisipasi kalau terjadi pemadaman saat proses ujian nasional berlangsung," katanya lagi.

Berdasarkan pantauan Beritalima.com di lapangan di SMK 1 ini ada sekitar 200 unit computer yang digunakan untuk melaksanakan ujian nasional online, dengan jumlah siswa sebanyak 355 orang. Sejumlah siswa ini merupakan gabungan dari empat SMK diantaranya, SMK Darussalam, Nurul Falah, Salafiyah dan SMK Addzakirin.Siswa yang mengikuti ujian nasional dibagi menjadi tiga sesi. Sesi pertama dimulai pada pukul 07.30 sampai dengan 09.30, sesi kedua 10.30 sampai dengan 12.30 dan sesi ketiga dimulai pukul 14.30 sampai dengan 16.30. Penerapan sesi dilakukan karena keterbatasan unit computer yang tersedia di SMK 1 bondowoso.(Abi/Rois)