Korem 084/BJ & Perhimpunan Indonesia Tionghoa (INTI) Gelar Pemeriksaan Mata Calon Peserta Operasi Katarak Gratis

Surabaya (13/4). Bertempat Aula Bhaskara Makorem 084/BJ, Korem 084/BJ bekerjasama dengan Perhimpunan Indonesia Tionghoa (INTI), NU, New Vision, UNIPDU Jombang, Indorama, Lohia Foundation menggelar kegiatan penjaringan dan pemeriksaan mata bagi calon peserta operasi katarak gratis, Minggu (12/4). Penjaringan dan pemeriksaan mata bagi calon peserta operasi katarak gratis diikuti oleh 1.045 orang warga masyarakat yang berasal dari wilayah Surabaya, Sidoarjo, Gresik, Bangkalan, Sampang, Pamekasan dan Sumenep.



Dalam sambutannya, Danrem 084/BJ Kolonel Inf Muhammad Nur Rahmad mengatakan Korem 084/BJ merasa bangga bisa bekerjasama dengan Perhimpunan Indonesia Tianghoa (INTI), sehingga kegiatan penjaringan dan pemeriksaan penyakit katarak ini dapat dilaksanakan dengan baik. Sedangkan untuk operasi katarak akan dilaksanakan mulai tanggal 23 S/D 27 April 2015 di Rumah Sakit Universitas Pesantren Tinggi Darul Ulum (UNIPDU) Jombang.

Sementara itu, Suwandi sekretaris perhimpunan Indonesia Tionghoa (INTI) dalam sambutannya menjelaskan penderita katarak di Indonesia sangat banyak. Oleh karena itu perhimpunan Indonesia Tionghoa (INTI) mempunyai Visi dan Misi ingin membersihkan katarak di Indonesia. Operasi katarak akan dilaksanakan oleh 4 dokter ahli/spesialis mata katarak yang dipimpin dr. Evi Jono (CO New Vision). Kegiatan operasi katarak bukan yang pertama kalinya, karena sebelumnya juga telah dilaksanakan operasi bibir sumbing. Perhimpunan Indonesia Tionghoa (INTI) akan selalu bekerjasama dengan Korem 084/BJ dalam melaksanakan Bhakti Sosial untuk membantu masyarakat.

Dari hasil penjaringan dan pemeriksaan mata oleh tim dokter spesialis mata,  341 orang dinyatakan positif menderita katarak dan siap melaksanakan pemeriksaan lanjutan sampai dengan operasi katarak.

Hadir dalam kegiatan pemeriksaan mata bagi calon peserta operasi katarak, Danrem 084/BJ, Kasrem, Perhimpunan Indonesia Tionghoa, para dokter spesialis mata katarak dan para medis, kegiatan pemeriksaan mata upacara berlangsung aman, tertib dan lancar.(Pen084).