Kreasi BPJS Ketenagakerjaan Tanjung Perak Dalam Menjaring Peserta

Surabaya (BeritaLima.Com) - Badan Peyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Ketenagakerjaan Cabang Tanjung Perak punya cara beda dengan cabang lain dalam melakukan sosialisasi. Instansi yang dikepalai Drs Arbi Harun MM ini, Minggu (12/4/2015) menggelar acara Natural Singing di parkiran timur Jembatan Merah Plasa (JMP) Surabaya.
Tidak kurang dari 30 grub band di Surabaya tampil secara bergantian di panggung acara itu. Di sela-sela pergantian grub band yang selesai dan akan tampil, Master of Ceremony (MC) tak henti-hentinya menjelaskan eksitensi BPJS Ketenagakerjaan.
Di antaranya disebutkan, dulu Jamsostek sekarang BPJS Ketenagakerjaan. BPJS bukan hanya kesehatan, tapi juga ada BPJS Ketenagakerjaan. BPJS Ketenagakerjaan adalah badan pemerintah yang siap memberi jaminan sosial bagi para pekerja yang menjedi peserta, baik pekerja formal maupun pekerja bukan penerima upah seperti para pedagang, pengusaha warung, tukang becak, tukang parkir, pemain band dan pekerja mandiri lainnya.
Dijelaskan pula berulang-ulang oleh MC, BPJS Ketenagakerjaan memiliki program Jaminan Kecelakaan Kerja (JKK), Jaminan Kematian (JKM), Jaminan Hari Tua (JHT), dan akan menambah program Jaminan Pensiun mulai awal Juli nanti. "Ayo bagi para pekerja yang belum jadi peserta BPJS Ketenagakerjaan segera daftar ke BPJS Ketenagakerjaan Cabang Tanjung Perak, bisa di tempat ini sekarang atau di kantornya, di Perak Timur," cerocos MC.
Kepala BPJS Ketenagkerjaan Cabang Tanjung Perak, Drs Arbi Harus MM, bersama seluruh stafnya, hadir dalam acara yang digelar mulai pukul 16.00 hingga pukul 22.00 itu. Arbi mengatakan, kegiatan ini  selain memberi pemahaman pada masyarakat tentang keberadaan dan manfaat BPJS Ketenagakerjaan, juga untuk menjaring peserta baru, baik para personil band maupun penonton serta pengunjung JMP.
Menurutnya, model kreatifitas sosialisasi seperti ini ternyata cukup berhasil. Masyarakat yang hadir di tempat ini jadi tahu keberadaan dan manfaat BPJS Ketenagakerjaan, bahkan juga berhasil menjaring banyak peserta baru.
Dikatakannya, masih banyak pekerja yang belum terlindungi jaminan sosial. Padahal  persyaratan untuk daftar menjadi peserta BPJS Ketenagakerjaan  sangaat mudah (cuma fotocopy KTP bagi pekerja bukan penerima upah), iurannya juga sangat ringan, tapi manfaatnya sangat besar,
Karena jumlah pekerja yang berlum terlindungi jaminan sosial masih banyak, Arbi bersama stafnya harus berusaha menjaring calon peserta dengan berbagai terobosan. Senin (13/4/2015) Arbi telah mengagendakan pertemuan dengan  Camat Pabean Cantikan beserta seluruh Lurah setempat. Dalam pertemuan ini Arbi minta pada para Lurah untuk menghimbau masyarakat yang belum menjadi peserta BPJS Ketenagakerjaan segera daftar, disamping menyampaikan hal  yang sama ke semua Ketua RW dan RT. Menurut Arbi, semua itu demi masyarakat supaya mendapat jaminan sosial. (Gan)
Teks Foto: Kepala BPJS Ketengakerjaan CabangTanjung Perak (paling kanan)