Kualitas SDM Tentukan Suksesnya BUMN Hadapi MEA 2015

Kualitas Sumber Daya Manusia menentukan suksesnya Badan Usaha Milik Negara (BUMN) dalam menghadapi Masyarakat Ekonomi ASEAN 2015.
            Demikian disampaikan Wagub Jatim, Drs. H. Saifullah Yusuf saat membuka Seminar Nasional " MEA Tahun 2015, Apakah Ancaman atau Peluang Bagi BUMN?" Mempersiapkan Mentalitas Pekerja BUMN Dalam Menghadapi Daya Saing MEA 2015 di Ballroom Hotel Santika Premiere, Surabaya, Kamis (9/4).
            Menurutnya, peningkatan kualitas SDM harus dilakukan kalau ingin bersaing di MEA 2015 dimana SDM dari luar negeri akan masuk ke Indonesia. Kualitas SDM dari luar negeri pasti tidak kalah dengan Indonesia. " Oleh sebab itu, SDM di BUMN harus terus ditingkatkan agar bisa bersaing nanti, " ungkapnya.
            Ia mengatakan, era globalisasi yang diawali hadirnya MEA 2015 menuntut untuk memiliki SDM yang handal. MEA 2015 ini, Jatim harus menjadi pemenang bukan menjadi pasar bagi negara asing. "Dengan jumlah masyarakat yang banyak yakni satu per tiga jumlah masyarakat di ASEAN, Indonesia bisa mengambil kesempatan untuk meraih kesempatan tersebut untuk  menjadi pemenang," ungkapnya.
            BUMN menjadi salah satu  cara agar Indonesia tetap eksis  pada ajang MEA 2015. BUMN harus  memperbaiki berbagai aspek agar lebih bagus. Dengan tersedianya berbagai sumber daya dan dukungan dari pemerintah, BUMN harus bsia memanfaatkan kesempatan tersebut. " Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) juga harus berbenah. Apabila BUMN mempengaruhi tingkat nasional, sedangkan BUMD mempengaruhi kemajuan sebuah provinsi, " tambahnya.
             Gus Ipul, sapaan akrabnya mencontohkan sudah ada BUMN yang sudah go internasional,  seperti PT. PELINDO dan GARUDA INDONESIA. BUMN yang lain harus mencontoh kinerja yang telah dilakukan BUMN yang sukses di kancah internasional.