Melalui Swadaya Masyarakat Jalan Amblas Bisa Dilewati Sementara.

Limapuluh Kota,Beritalima.com,- Tanah longsor akibat tingginya intesitas hujan sepanjang bulan Maret hingga April yang terjadi di Kabupaten Limapuluh Kota dan Kota Payakumbuh. Jalan yang amblas akibat tergerus air di Jorong Tanjung Aro Utara, Kenagarian Sikabu-kabu Tanjung Aro Padang Panjang, Kecamatan Luhak, Kabupaten Limapuluh Kota, Propinsi Sumatera Barat diperbaiki melalui swadaya masyarakat..



Tanpa menunggu lebih lama, warga turun memperbaiki jalan penghubung Jorong Tanjung Haro dengan pusat pemerintahan Nagari Sikabu-kabu Tanjung Haro Padang Panjang. Jalan yang amblas akibat tergerus air tersebut, dihubungkan melalui swadaya masyarakat dengan menggunakan batang bambu.

Warga sudah tidak sabar lagi untuk segera menghubungkan salah satu jalan  alternatif dari Tanjung Aro menuju pusat Kota Payakumbuh. Karena jika harus menunggu bantuan dari pemerintah menangani kerusakan jalan akibat bencana tersebut,sepertinya belum akan dikerjakan dalam waktu dekat.

"Sedikitnya 50 kepala keluarga yang tinggal di Siralak, harus memutar ke Bukit Sitabur jika ingin berurusan ke  kantor walinagari. Lebih baik kita lakukan goro untuk sekedar bisa dilewati saja sementara waktu. alhamdulillah kini sudah ada sejumlah bantuan dari swadaya masyarakat untuk membeli gorong-gorong dan nanti akan kita kerjakan bersama," Ungkapa Walinagari Sikabu-kabu Tanjung Aro Padang Panjang, Mulyadi saat goro bersama warga rabu (8/4).

Bersama Camat Luak, M Ali Firdaus, Danramil Luak, Kapten Infantri Sunarko, Kepala Jorong Tanjung Aro Utara, Dasril Datuak Gindo nan Hitam dan warga melakukan pembangunan sementara. Namun diyakini penghubung jalan nagari tersebut tidak akan bertahan lama.

"Kita sangat berharap bantuan dari pemerintah maupun dari swadaya masyarakat untuk membangun Jembatan. meski saat ini sudah ada warga yang membantu untuk membeli gorong-gorong, namun jika tidak mencukupi tentunya butuh perhatian dari pemerintah," ungkap Kepala Jorong Tanjung Aro Utara, Dasril Datuak Gindo nan Hitam bersama Ketua Pemuda Aria Aguswara kepada wartawan.