Pelatihan UMKM Perkuat Menejemen Usaha

Banyuwangi.beritalima.com - Warga Desa Bajarsari dan Kelurahan Gombengsari Kecamatan Licin mendapat pelatihan dari Dinas Koprasi dan UMKM (Usaha Mikro Kecil dan Menengah) Kabupaten Banyuwangi.

Materi dalam pelatihan tersebut masyarakat diajarkan tentang penataan menejemen usaha, lantaran proposal pengajuan dari desa dan kelurahan itu sudah masuk ke dinas terkait.

"Pelatihan dilaksanakan sesuai dengan proposal masuk ke dinas yang diusulkan oleh kedua desa atau kelurahan tersebut, dengan tujuan agar para UMKM itu sejak dini menata manajemen usahanya menjadi lebih baik, karena sekarang ini persaingan semakin ketat dengan banyak produk luar negeri yang masuk ke negara kita dan tidak bisa terbendung lagi," papar Made Miharta selaku Kepala Bidang UMKM Dinas Koperasi waktu dalam pembukaan.

Sementara itu menurut narasumber dari BDS (Bussiness Developmet Service) PPMA Bocah Angon menerangkan bahawa menejemen yang dituangkan dalam pelatihan itu di fokuskan ke sektor menejemen bidang usaha yang ditekuni oleh masyarakat.

"Sektor manajemen yang perlu dibenahi oleh kebanyakan UMKM adalah Manajemen keuangan, manajemen produksi tentang inovasi produk, dan manajemen pemasaran, karena tanpa ketiganya diperbaiki mustahil dapat bersaing dengan produk asing, juga untuk memperoleh permodalan dari perbankan UMKM harus mempunyai laporan keuangan yang lengkap," jelasnya singkat.

Pelatihan ini dilakukan selama dua hari, dari tanggal 7 hingga 8 April 2015. Masyarakat sangat antusias dalam mengikuti jalanya pelatihan, hingga sesi tanya jawab, banyak pertanyaan yang diajukan oleh masyarakat seputar permodalan, pemasaran dan inovasi produk kepada tim Dinas Koprasi dan UMKM Kabupaten Banyuwangi sewaktu memberikan pemaparan. (Yud)