Sampah Menumpuk. Tempat Pembuangan Kurang Maksimal

Mangupura- Badung. Beritalima.com - Masalah sampah di Kabupaten Badung belum tertangani dengan tuntas. Tempat Pembuangan Sampah ( TPS ) liar masih terlihat di beberapa sudut desa, misalnya di perbatasan Desa Penarungan dan kelurahan Luk- luk.
Akibat tidak tertangani dengan baik,tumpukan sampah itu bahkan sampai mengeluarkan bau amis hingga ke jalan raya.
Menurut masyarakat setempat, I KOMANG SUTEJA (48), ketika di konfirmasi menuturkan bahwa pihak terkait sempat memasang sepanduk larangan membuang sampah di kawasan TPS tersebut. Namun belakangan spanduk itu rusak atau robek entah akibat terpa'an angin atau faktor kesengaja'an.
" Dulu ada spanduk larangannya pak... , entah robek kena angin atau d'sengaja d'buang saya tidak tau... Bahkan di spanduk tersebut tertulis larangan dan dendanya juga pak ", ungkapNya.
Tak hanya itu sapnduk yang di pasang DKP ( Dinas Kebersihan dan Pertamanan ) kota Badung beberapa waktu lalu, juga sudah tidak terbentuk. Tumpukan sampah juga sudah menumpuk dan sampai menghambat aliran sungai. " Tumpukan sampah sampai menggunung pak.. Dan berserakan kemana-mana, bahkan mengeluarkan bau amis dan menghambat aliran sungai." Keluhnya.
Namun DKP ( Dinas Kebersihan dan Pertamanan ) kota Badung, I PUTU EKA MERTHAWAN, berkilah sa'at di mintai konfirmasi hal ini oleh wartawan BeritaLima.com mengatakan, pengawasan tidak hanya di bebankan pada DKP Pemerintah, baik dari kelurahan atau desa mestinya ikut memonitoring di lapangan .
" Kami sudah sempat monitoring mas..., tapi masih saja seperti itu. Karena di sana merupakan wilayah perbatasan, maka ...kami meminta pihak kelurahan atau desa untuk ikut melakukan pengawasan sehingga lebih optimal". Ungkap pejabat asal sempidi ini.
Beliau menenggarai, fenomena munculnya TPS liar di beberapa wilayah di badung tidak lepas dari pesatnya pertumbuhan penduduk yang bermukim di kawasan tsb. Akibatnya warga mencari-cari cela lahan untuk membuang sampah.
" ketika mengwi menjadi kawasan pemukiman dan berkembangnya perumahan serta kavlingan tanpa pengolahan jasa sampah, ya... Munculah TPS ( Tempat Pembuangan Sampah ) liar mas ". Pungkasnya
MERTHAWAN pun menyatakan, harus ada jasa pengolahan sampah yang masuk ke rumah- rumah warga, sehingga tidak membuang sampah sembarangan. ( Sob )