Wartawan Kalteng Boikot Liput Penyerahan LPJK

PALANGKARAYA -- Balik kanan. Itulah yang dilakukan sejumlah wartawan saat akan melakukan peliputan di Kantor Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) RI Perwakilan Kalteng, Rabu (1/4/2015).

Penyebabnya, lembaga itu hanya memberikan kesempatan kepada beberapa orang saja untuk bisa masuk. Sebagai alasan, ruangan sangat terbatas.

"Kami bisa mengerti jika ruangan terbatas. Tapi paling tidak, kami diberi kesempatan masuk secara bergantian," ujar Karana Wijaya, wartawan Tempo Kalteng.

Sebagaimana informasi didapat di kalangan media, Wagub Achmad Diran dijadwalkan akan menyerahkan Laporan Pertanggungjawaban Keuangan (LPJK) 2014 kepada BPK RI Perwakilan Kalteng. Kegiatan dilaksanakan di ruang rapat Kepala BPK yang dihadiri Sekda Siun Jarias serta beberapa pejabat lain.

Wartawan yang sebelumnya menunggu di teras gedung BPK Jalan Yos Sudarso Palangkaraya, kemudian didatangi seorang petugas security soal pembatasan tersebut. Sebagai bentuk solidaritas, awak media pun sepakat meninggalkan lokasi dan batal melakukan peliputan.

"Seyogianya, koordinasi dengan media dilakukan oleh Humas BPK sehingga bisa diperoleh kesepakatan. Tapi karena hanya melalui petugas keamanan, tidak mungkin kita bisa berdialog," timpal Karana.

(bpc/bin)